Halaman

Minggu, 13 Desember 2015

PROPOSAL USAHA “SPAGHETTI PENTOL”



PROPOSAL USAHA
“SPAGHETTI PENTOL”
 
PENYUSUN:
NAMA: MUHAMMAD SADRIYANNOR
KELAS: XII a PEMASARAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3 BANJARMASIN
PROGRAM KEAHLIAN: PEMASARAN
2014/2015
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal usaha spaghetti pentol ini telah disetujui dan disahkan untuk disajikan pada ujian produktif tingkat SMK program keahlian pemasaran tahun pelajaran 2014/2015, yang diadakan di SMKN 3 Banjarmasin.

Banjarmasin, februari 2015






Guru pembimbing                                                                   Ketua jurusan



Rusmaliansari                                                                          Norma Olfah
NIP. 19680925 199203 2 010                                                NIP. 19690903 200604 2 004

KATA PENGANTAR

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  proposal ini guna memenuhi tugas  ujian praktek.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua dan orang lain dan semua orang telah membantu saya, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi dapat teratasi.

Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas ujian praktik tingkat SMK yang diselenggaran oleh SMK Negeri 3 Banjarmasin dan bagi para pembaca agar dapat memperluas ilmu yang berkaitan tentang kewirausahaan, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Proposal ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Semoga proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para murid di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Saya sadar bahwa proposal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu,  kepada  guru pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  saya  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca

Penyusun,




Muhammad Sadriyannor  
      NIS. 1211812   

       DAFTAR ISI   
§  Sampul depan                                                                                                   1
§  Lembar pengesahan                                                                                          2
§  Kata pengantar                                                                                                  3
§  Daftar isi                                                                                                           4
A.    Latar belakang                                                                                                              5
B.     Visi usaha                                                                                                          6
C.     Misi usaha.                                                                                                        6
D.    Analisa peluang usaha                                                                                       6
E.     Analisis S.W.O.T                                                                                              7
F.      Marketing mix                                                                                                   8
G.    Perhitungan modal                                                                                          10
H.    Harga jual                                                                                                        11
I.       Perhitungan laba rugi                                                                                      11
J.       Analisa keuntungan                                                                                        11
K.    Cara membuat                                                                                                 12
L.     Kesimpulan                                                                                                     13
M.   Saran                                                                                                               13
§  Daftar pustaka                                                                                                            14


A.    LATAR BELAKANG

Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah, namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifat nya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli  produk yang kita tawarkan.

Salah satu makanan siap saji adalah “spaghetti”. Spagetti adalah makanan dari Italia yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Dulu spaghetti di kenal sebagai makanan kalangan atas, namun sekarang spaghetti dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Oleh karena itu, ini dapat menjadi peluang  usaha bagi saya untuk menjual “Spagetti Pentol” yang enak namun dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Walaupun spaghetti termasuk makanan berat tetapi sekarang banyak yang menganggap spaghetti sebagai makanan pelengkap.

Spaghetti pentol adalah inovasi dari spaghetti yang ditambahkan pentol iris di atasnya, yang akan menambah rasa nikmat saat dimakan. Spaghetti pentol ini pun menjadi perpaduan makanan antara Italia dan Indonesia.
Dalam memulai usaha, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan cara menarik minat para konsumen. Peluang pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas harus ditingkatkan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi
Agar usaha ini dikenal masyarakat, tentu saja harus dilakukan promosi, baik dengan cara menyebarkan brosur, memasang iklan di media cetak/elektronik, memasang spanduk ataupun promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat calon pembeli atas produk yang ditawarkan.


B.     VISI USAHA
Visi merupakan gambaran masa depan yang telah ditetapkan dan diusahakan untuk diwujudkan pada masa yang telah ditentukan.
Saya dapat menentukan visi usaha ini, yaitu:
Menjadikan Spaghetti pentol sebagai makanan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, dan termasuk dalam salah satu kuliner yang sukses di Banjarmasin dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka cabang yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan sampai menembus pasar Internasional dan  akan menampung sangat banyak karyawan sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang ada di Indonesia.
C.     MISI USAHA
Misi merupakan cara atau strategi untuk mencapai atau mewujudkan visi yang telah ditetapkan.
Maka saya menyimpulkankan bahwa misi usaha ini, adalah:
Menyajikan Spaghetti pentol dengan sangat menjaga kualitas yang baik dan penampilan yang mewah namun dengan modal yang relatif murah, dan dengan promosi yang menarik, baik dan tepat serta pelayanan yang sangat memuaskan bagi konsumen.
D.    ANALISA PELUANG USAHA
Target segmen pasar pada saat ini adalah seluruh murid dan guru-guru yang ada di SMK Negeri 3 Banjarmasin, dan apabila sukses saya akan memperluas target pasar saya ke khalayak luas.


E.     Analisis S.W.O.T
1.   Strength (kekuatan)
Strength yaitu mampu melihat ke dalam produknya sendiri apa yang menjadi kekuatan sehingga dapat mengukur kemampuan dan potensi yang ada pada produknya.
·           Kandungan gizi dalam spaghetti pentol ini sangatlah banyak
·           Spaghetti pentol ini sangat enak dan dapat memberikan sensasi kenikmatan  karena perpaduan rasa dari spaghetti dan pentol
·           Harga spaghetti pentol ini sangat terjangkau
·           Kualitas spaghetti pentol ini sangat tinggi

2.   Weakness (kelemahan)
Weakness yaitu mampu melihat kelemahan yang ada didalam dirinya dengan begitu diharapkan dapat meminimalkan kekurangan dengan cara mau belajar dan memperbaiki diri sehingga dapat mengubah kekurangan menjadi kelebihan.
Saya dapat melihat kelemahan pada produk ini adalah:
·            Hasil produksi tidak tahan lama, harus segera dikonsumsi
·            Produknya terlalu mudah untuk ditiru oleh pesaing
·            Harga bahan baku yang tidak menentu bahkan cenderung naik
·            Modal terbatas
3.   Opporrtunity (peluang)
Opportunity yaitu mampu melihat peluang yang ada, dengan mengasah kepekaan dan kreatifitas.
Saya melihat peluang yang muncul sebagai berikut:
·            Tempat  yang sangat strategis
·            Pemasaran yang sangat baik dan efektif
·            Peluang pasar masih besar karena belum terlalu banyak pesaing
·            Makanan ini sangat disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa


4.   Theart (ancaman)
Thereath yaitu ancaman yang biasanya berasal dari luar.

Saya memperkirakan ancaman yang akan muncul adalah:
·         Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.
·         Munculnya produk baru dengan kualitas dan kreasi yang lebih baik.
F.      MARKETING MIX
·      Product (Produk)
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya", sedangkan pengertian dari produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dan produk jasa.
Produk saya buat ini saya beri nama “Spaghetti pentol” karena terbuat dari perpaduan antara spaghetti yang berasal dari Italia dan pentol yang berasal dari Indonesia.
Spaghetti pentol merupakan makanan yang sangat enak, banyak mengandung berbagai macam gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan digemari oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa
·      Price (Harga)
Harga(Price) adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh suatu produk. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (Produk, Promosi dan Distribusi) menyebabkan timbulnya biaya.
Harga yang saya tetapkan cukup terjagkau yaitu sebesar Rp 5.000,00 untuk memenuhi persyaratan persentasi keuntungan yang telah ditetapkan oleh guru pembimbing yaitu dengan batas minimal 30%.


·      Place (Tempat)
Tempat Usaha adalah tempat yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan perdagangan, industri, produksi, usaha jasa, penyimpanan-penyimpanan dokumen yang berkenaan dengan perusahaan, juga kegiatan-kegiatan penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat tinggal yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.
Pada kesempatan kali ini tempat usaha saya adalah di lingkungan SMK Negeri 3 Banjarmasin karena dalam masih dalam masa ujian praktek untuk tingkat SMK tahun ajaran 2014/2015.

·      Promotion (Promosi)
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Karena saat ini banyak sekali yang menggunakan media sosial dari anak muda samapi orang dewasa, terutama dikalangan anak muda sebagai target utama saya, maka saya tetapkan promosi yang akan saya pergunakan paling utama yaitu melalui media sosial, tetapi promosi dengan cara lain seperti brosur dan secara “Face to face” tetap saya akan pergunakan agar semua semua orang dapat dengan mudah mengenal produk yang akan saya jual.



G.    PERHITUNGAN MODAL

·   Biaya bahan
-    1.000 gram Spaghetti “La Fonte”             Rp       25.000,00
-    500 gram Saus Bolognese “La Fonte”      Rp       22.000,00
-    60 gram Keju cheddar “Kraft”                 Rp         7.000,00
-    Daun sop                                                   Rp         1.000,00
-    30 butir pentol daging sapi                       Rp       20.000,00+
Jumlah biaya bahan                                                                       Rp       75.000,00
·   Biaya tenaga kerja                                                                            Rp       10.000,00
·   Biaya nota dan pulpen                                                                     Rp         3.000,00
·   Biaya kemasan                                                                                 Rp         3.000,00
·   Biaya garpu plastik                                                                          Rp         2.000,00
·   Biaya transportasi                                                                            Rp         2.000,00
·   Biaya sewa tempat                                                                           Rp         1.000,00
·   Biaya sewa peralatan                                                                       Rp         1.000,00
·   Biaya dispay                                                                                                Rp         1.000,00
·   Biaya promosi                                                                                  Rp         3.000,00
·   Biaya listrik, air dan gas LPG                                                          Rp         2.000,00
·   Biaya lain-lain                                                                                  Rp         2.000,00+
Total biaya                                                                                   Rp       105.000,00



H.    HARGA JUAL
Dari bahan-bahan di atas dihasil sebanyak  30 porsi Spaghetti pentol yang dibandrol dengan harga Rp 5.000,00
I.       PERHITUNGAN LABA RUGI
Berdasarkan perhitungan modal dan harga jual, maka akan diperoleh perhitungan laba rugi sebagai berikut:
Total penjualan – total biaya               = laba/rugi
Rp 150.000,00  – Rp 115.000,00        = Rp 35.000,00

J.       ANALISA KEUNTUNGAN
Persentasi keuntungan dari penjualan adalah sebesar  30%, angka ini didapat dari perhitungan sebagai beri:

Laba
X 100%
=…….%

Jumlah penjualan





Rp 45.000,00
X 100%
= 30%

Rp 150.000,00



K.    CARA MEMBUAT
Ø  Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Spaghetti pentol:
·      Spaghetti “La Fonte”
·      Saus Bolognese “La Fonte”
·      Keju cheddar “Kraft
·      Daun sop
·      Pentol daging sapi

Ø  Peralatan yang digunakan untuk membuat spaghetti pentol adalah:
·      Kompor
·      Panci
·      Pisau
·      Piring
·      Saringan
·      Garpu

Ø  Proses pembuatan spaghetti pentol yaitu:

·      Masukkan pasta ke dalam 5 liter air mendidih, tambahkan garam dan minyak goreng secukupnya
·      Aduk sesekali dan masak 8 sampai 10 menit atau sampai tingkat kekenyalan yang diiginkan
·      Tiriskan, lalu hidangkan dengan saus Bolognese “La Fonte” dan pentol daging sapi iris dan keju parut di atasnya, setelah itu hias dengan daun sop.
·      Spaghetti Pentol yang sangat enak pun siap dinikmati.


L.     KESIMPULAN
Menurut penulis usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Penulis sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dan bertanggung jawab dalam menjalankan setiap pekerjaannya. Penulis sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung berkembang pesatdan akan mengalami pasang surut dalam suatu usaha. Tapi penulis tetap yakin dan akan terus berjuang untuk terus menerus menjalankan dan mengembangkan usaha ini
M.   SARAN
Demikian proposal usaha ini penulis buat dengan mempertimbangkan seluruh aspek-aspek usaha maupun peluang-peluang usaha yang mungkin penulis dapat masukkan dalam dunia bisnis kedepannya. Dengan adanya proposal usaha spaghetti pentol ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen khususnya masyarakat Banjarmasin.
Apapun usaha yang akan dijalankan harus memperhatikan segala macam pandangan  ataupun peluang yang ada. Itulah kunci keberhasilan suatu usaha yang akan dijalankan. Dan merupakan tantangan bagi wirausahawan muda yang selalu dituntut untuk dapat beradaptasi dengan persaingan bisnis yang sangat ketat. Sehingga dari hal tersebut dapat diketahui bahwa peluang bisnis akan tercipta bila kita mampu menciptakannya. Karena saat ini tentu sangat sulit bagi calon pengusaha muda untuk dapat memasuki dunia bisnis tanpa benar-benar jeli dan paham mengenai bisnis yang akan dia geluti.
Maka dengan adanya proposal ini dapat memberikan sedikit pandangan bahwa peluang binis spaghetti pentol ini sangat menjanjinkan, namun semua itu juga harus dijalani dengan rajin, tekun, dan pantang menyerah juga disertai dengan kemampuan menganalisa peluang yang baik dan pengolahan (manajemen) yang baik. Dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda laksanakan dapat bersaing dan berkembang sesuai harapan dan usaha yang sudah dilakukan.


DAFTAR PUSTAKA
Ø  Internet.
Ø  Siti Aminah. 2014. Proposal usaha “samosa” tahun ajaran 2013/2014. Banjarmasin: SMK Negeri 3 Banjarmasin.
Ø  Dra. Ratna Yuliastuti, M.M, dkk. 2007. Kewirausahaan IA untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
Ø  Dra. Ratna Yuliastuti, M.M, Dra. Endang Kadarwati, M.M, dkk. 2008. Kewirausahaa IB untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
Ø  Dra. kasminah, Drs. Wahono, Drs. Sudiyono dan Drs. Y. Bambang Sugiarto. 2009. Kewirausahaan IIA untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
Ø  Dra. Endang Kadarwati, M.M, dan Dra. Ratna Yuliastuti, M.Si. 2007. Kewirausahaan III untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.

10 komentar: